Refleksi Keuanganku (2022 ver.)

Juni 12, 2022

Yang saya tulis di bawah ini merupakan refleksi singkat keuangan saya selama ini dan harapan untuk kondisi keuangan lima tahun mendatang. Ditulis dalam rangka giveaway akun IG @deramelia, seorang Islamic Financial Planner. Namun, versi yang saya tulis di kolom komentar akun tersebut saya buat lebih singkat. Bismillah, semoga dapat kelas gratis ^^

—-

Perkenalkan, saya Ufi dari Magelang. Alhamdulillah, berkat algoritma instagram, hari ini saya dipertemukan dengan akun ini dan langsung follow karena senang menemukan platform edukasi untuk pengelolaan finansial berlandaskan syariat islam. Tidak menyangka malamnya langsung terbuka kesempatan giveaway. 

Usia saya 26 tahun, masih lajang, dan sekarang bekerja sebagai karyawan swasta. Saya bukan dari keluarga berada, tetapi alhamdulillah bisa hidup cukup sejak kecil tanpa tanggungan hutang. Sekarang saya sudah mulai memiliki tabungan, tetapi sifatnya masih pasif karena selama ini saya masih ragu untuk belajar soal keuangan. Saya ingin belajar untuk bisa mengembangkan dan memanfaatkan harta yang saya miliki dengan cara-cara yang halal. Sebagai seorang wanita yang berharap nantinya akan berkeluarga, saya juga ingin belajar bagaimana mengelola keuangan keluarga, mempersiapkan dana hari tua, dan dana pendidikan anak. 

Sebenarnya sulit bagi saya yang tidak pernah belajar keuangan ini untuk mencanangkan target 5 tahun ke depan. Namun, kalau boleh berandai-andai, di umur 31 tahun nanti, seperti sekarang, saya ingin bisa hidup cukup tanpa hutang, kemudian memiliki dana untuk merawat orang tua dan mendukung adik, memiliki sumber pendapat sekunder yang stabil, memiliki beberapa aset seperti tanah, sudah menabung atau menyicil pembangunan rumah, dan bisa bersedekah untuk lebih banyak orang.

Dua hadiah yang ditawarkan sama-sama baik. Namun, saya meyakini bahwa barang bisa dijual dan dibeli kembali, tetapi ilmu dan pengalaman tidak bisa ditukar dengan apa pun dan kebermanfaatannya bisa bertahan hingga lintas generasi. Oleh karena itu, bila saya terpilih untuk memenangkan giveaway ini, saya ingin bisa bergabung dengan teman-teman lain untuk belajar bersama dalam Kelas Kelola Keuangan Secara Syar’i di akhir Juni nanti.

Terima kasih telah membaca cerita saya. Semoga bisa segera berjumpa di kelas~ :)

You Might Also Like

0 comment

Subscribe