[Novel] Negeri 5 Menara

Maret 21, 2012


Sinopsis:

Seumur hidupnya Alif tidak pernah menginjak tanah di luar ranah Minangkabau. Masa kecilnya dilalui dengan berburu durian runtuh di rimba Bukit Barisan, main bola di sawah dan mandi di air biru Danau Maninjau. Tiba-tiba dia harus melintasi punggung Sumatera menuju sebuah desa di pelosok Jawa Timur. Ibunya ingin dia menjadi Buya Hamka walau Alif ingin menjadi Habibie. Dengan setengah hati dia mengikuti perintah ibunya: belajar di pondok.

Di hari pertama di Pondok Madani (PM), Alif terkesima dengan mantera sakti man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses. Dipersatukan oleh hukuman jewer berantai, Alif berteman dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Atang dari Bandung, dan Baso dari Gowa. Di bawah menara masjid, mereka menunggu Maghrib sambil menatap awan lembayung yang berarak ke ufuk. Awan-awan itu menjelma menjadi negara dan benua impian masing-masing. Ke mana impian membawa mereka? Mereka tidak tahu. Yang mereka tahu adalah: jangan pernah meremehkan impian, walau setinggi apa pun. Tuhan sungguh Maha Mendengar.


Sebenarnya, apa yang tersaji di bukunya jauh lebih besar dari sinopsisnya :D Dan seperti yang tertera di atas, kita tahu kalau ini cerita anak pondok. Nah, banyak orang berpikiran klo pondok itu sekolah tingkat rendah yang paling-paling jadi tempat buangan anak-anak yang gak keterima di SMP negeri atau anak yang bermasalah. Tapi lewat novel ini, pendapat tersebut ditolak mentah-mentah.

Kita diajak untuk menyelami dunia Alif dari mulai lulus SMP hingga dewasa. Nah, saking asyiknya ni novel, banyak pembaca yang pingin masuk ke cerita dan mengalami sendiri peristiwa-peristiwa yang ada (termasuk saya). Jalan ceritanya bener-bener mengalir dan santai, tapi juga bikin penasaran. Dan jangan takut bosen karena ada humor dan cerita cinta yang disisipkan dengan rapi oleh Ahmad Fuadi, si penulis.

Gak lupa, banyak banget amanah yang bisa diambil dari novel yang udah dapet banyak penghargaan ini. Antara lain tentang man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses. Juga tentang pemikiran-pemikiran simple yang malah sering tak terpikirkan oleh orang-orang kebanyakan. Pokoknya baca novel ini banyak kejutan deh.

Gak cuma orang Islam doang lho yang menikmati buku ini, malahan banyak pembaca non muslim yang terkesan dan terinspirasi. Buku ini juga cocok buat pelajar yang sedang berjuang merajut impian. Juga ABG" yang kita ketahui sedang labil-labilnya. Baca buku ini dijamin gak rugi deh!

Nah, yang bikin geli adalah, setelah aku baca buku ini, terbesit keinginan di hati untuk punya suami anak Gontor. Hehehe :D Mau tau alasannya? Baca sendiri ^^


Oh iya, Negeri 5 Menara udah dibikin film lho, dan kayaknya bakal asyik deh, soalnya pemeran utamanya ganteng be-uuud~ #plak! XD


Buat Ahmad Fuadi, makasih banget ya udah mau bagi pengalamannya lewat buku ini! :D

You Might Also Like

0 komentar

Instagram

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images