[Bali] Second Day

Agustus 10, 2010

<< [Bali] First Day

Kamis, 5 Agustus 2010


Pagi", sekitar jam 2, kita dibangunin karena udah sampe di Pelabuhan Ketapang. Dengan berbagai muka bantal, kita turun dari bis n nunggu giliran naek feri. Gilanya anak 9G itu ya bukannya istirahat ato duduk manis, eh, ini malah foto-foto kagak jelas.






Ya maklum, anak edan. Hahaha... setelah menunggu cukup lama akhirnya kita dapet giliran naek Feri. Alhamdulillah bisku bareng sama bis kelas E! Ye!!! Sama Cha'e My best Friend! Dah seneng minta ampun tu! Sampe foto segala.



Ternyata kita masih harus tunggu bongkar kapal. Kita semua berdiri di jembatan kayu terus enjot-ejotan waktu ada bus ato truk yang lewat. Ngeri dah, takut nyebur!


Habis tunggu selesai bongkar, kita langsung naek ke kapal lantai dua. Sampai sana kita disambut ama video dangdut. Kayaknya udah dari jaman baholak. Judulnya juga aneh": Gantungan Baju, Bakar Kemenyan, dll. Gak nggenah pokoknya... Karena Arina, temen sekelasku lagi gak enak badan, kita masuk ke ruangan khusus AC.

Waktu masuk, wah tempatnya asyik, anget. Eh, basan liat ke layar TV, yang ada tu video dangdut lagi... Hih! Sebel aku. Aku akhirnya izin naek ke atas. Aku naek deh tu ke atas. Brrrrrrr.... anginnya. Silir.... Di sana ketemu Anin, Nelly, Ilma, Eh, ada Cha'e. Wah aku seneng banget. Di sana kita menikmati indahnya malam di tengah laut. Asyik deh, kerlap-kerlap gitu deh. Tapi tiba-tiba kapalnya muter-muter gak nggenah. Sampe gak tau mana Ketapang. Tau-tau kapal kita ngadap ke sebuah pulau yang gelaaaap banget. kita kira itu Bali. Tapi bali kok gelap banget. Eeeeee ternyata bukan. Kapal muter lagi ke sebuah pulau yang banyak lampunya, yang kita yakini sebagai Bali. Ketika kapal mendekat, kapal makin cepet dan makin terombang ambing. Pokoknya serasa naek kora-kora deh. Asyik.... banget. Gak taunya, dua hari selanjutnya kita ngalamin SNK alias Sindrom Naek Kapal. mau kamu di lapangan parkir, di bus, di kamar mandi, pasti serasa di atas kapal. Suer!

Akhirnya kita sampe di pelabuhan Gilimanuk. Ye!!!!!!! Aku di Bali! Seneng banget pokoknya.


Waktu itu kira-kira jam 03.30 pagi waktu Magelang, kita disuruh ganti waktu di jam kita jadi lebih 1 jam, jadi 04.30. Wah mendadak jadi pagi, hahahaha. Kita ngelanjutin perjalanan kita ke Denpasar ke hotel Made Bali. Sambi tidur wae lah....

Waktu bangun, bis lagi berenti di sebuah masjid buat shalat subuh. Karena lagi dapet, tidur aja lagi di dalem bis. Hahahahahahah. Kedua kalinya aku bangun aku langsung lihat laut. Yak bener, laut. Dulu aku pernah naek kapal Feri ke Madura, berarti aku lihat laut. tapi gak pernah seindah ini. 


Pemandangan laut dari pantai emank lebih keren! Aku langsung melek sampe kita sampe di hotel.

Aku lihat banyak hal. Setiap rumah di Bali memiliki tempat pemujaan. Tapi beda dari Pura. Ini namanya Sanggah (klo gak salah, hehehe ^_^v) dan tempatnya lebih kecil. Biasanya Sanggah ada di bagian depan rumah. Tapi buat yang rumahnya sempit lahan, ada juga yang bikin di atep carport atau di atep rumah. Pinter juga! Gak tau kenapa sejak lihat laut di Bali, aku langsung ngerasa jatuh cinta ama Bali! Love you!

Setelah kita sampe di hotel, kita disuruh makan dulu karena kamar yang mau kita pake belum diberesin. Makanannya itu lagi! Sop ama ayam goreng. Wah bisa" mblenger. Tapi ternyata tetep enak. yo wis gak papa. Makan lagi!


Stelah menunggu cukup lama, akhirnya kita dipersilahkan masuk ke kamar. Katanya sih kamarnya rada gak beres, tapi ya cukup nggenah deh. Ada 2 kasur ukuran ekstra single (200 cmx120 cm), 1 nakas, 1 TV mini (gak tau berapa inci ukurannya), 1 kipas angin gedhe di atas, ama kamar mandi satu. Tapi, kranjang sampahnya penuh belum di buang, seprei ama selimutnya bau, di kamar mandi gak ada handuk, n kayaknya lantainya belum disapu. Wah, parah.


Setelah mandi dan laen sebagainya. Kita di kasih tau klo hari itu kita bakal ke Pabrik Teh Botol Sosro, Joger, n pantai Kuta. Aku langsung bingung. Lha kok beda ama yang di jadwal. Akhirnya sampe akhir, kegiatan kita gak ada yang cocok ama jadwal. Sampe di bus, kita kenalan ama Tour Guide asli Bali namanya I Wayan Windu Sada. Manggilnya Beli Somad. Lha kok bisa? Kita juga kagak ngerti. Ya udah deh, kita berangkat. Anak-anak udah niat pada mau tidur di perjalanan, tapi sebel waktu Beli Somad bilang' "Kalo pada tidur, nanti Beli do'ain pada mencret lho...". Akhirnya anak-anak pada sebel terus nekat tidur. aku sih emang gak niat tidur karena pemandangan di luar keren-keren.


Di jalan kita lihat berbagai macam hal. Kita lewat sentra lukisan, sepanjang jalan adanya toko lukisan. Yang mengejutkan adalah keberadaan lukisan cwe telanjang dipajang di depan. ya Allah.... kaget aku. Tapi emank udah di wanti" klo bakal ada hal" jorok kayak gini. Ampun dah...

Di jalan kita juga lihat ada lapangan rumput yang lumayan besar. Lapangan rumput? Ah, udah biasa, tapi kalo selapangan isinya motor semua? itu baru luar biasa. Aku kaget ngeliat motor sebanyak itu. Temen-temen yang denger aku kaget langsung pada bangun terus ngeliat jendela bus. Katanya Beli sejak SMP anak-anak bali udah pergi ke sekolah naek motor. Aku ama temen-temen satu bus langsung kaget. Masak boleh? Beli bilang juga kalo nggak dikasih motor, tu anak-anak bakal pada ngambek. Wah, gila...

Di jalan, kita juga ngeliat sepanjang jalan isinya cuma toko emas dan perak. Wah kalo satu jalan kecolongan semua, malingnya dapet duit berapa ya?


Setelah 1 jam perjalanan, akhirnya kita sampe di Pabrik Teh Botol Sosro. Waktu itu lagi grimis, jadi udaranya dingin banget. Kita disuruh ambil snack terus masuk ke ruang yang gedhe. Aula kali y? Di sana ada banyak tempat duduk dan ternyata jumlahnya gak cukup buat semua anak, jadi ada yang duduk di bawah, aku duduk... hehehe :D.


Abis itu ada mbak" keluar terus mulai nerangin macem-macem tentang Sosro dan teh. Pertama, kita dikasih tau sejarah teh dari China, Jepang, Eropa, dll. Terus dikasih tau sejarahnya Teh Botol Sosro. Kita juga diliatin video animasi tentang cara pembuatan Teh Botol Sosro ama Teh Botol Sosro Kotak. Geli" pokoknya. Yang paling asyik adalah waktu kita masuk ke pabriknya. Keren banget! Langsung takjub dengan betapa pinternya sampe bisa bikin teknologi kayak gitu.


Kita juga diajak ngeliat pengolahan limbah. Gak terlalu asyik gara-gara gerimis and baunya limbah yang gak banget. Kita cuma sebentar di sana terus langsung lari" kehujanan ke tempat parkir. 


Akhirnya kita ngelanjutin perjalanan ke Dewata. Dewata yang satu ini adalah toko souvenir khas bali.

Sampe di sana kita masuk lewat pintu depan dan dikiranya disuruh belanja, e... ternyata disuruh makan di belakang. Akhirnya kita makan bersama di belakang (dengan segala pengorbanan untuk mendapatkan sepiring nasi: antri BLT). Ditemani mbak-mbak nyanyi lagu dangdut, kita nglanjutin makan terus shalat Zuhur. Abis itu aku ama temen-temen ke depan, liat-liat barang yang dijual dan dilanjutkan dengan acara beli-beli. aku pribadi waktu itu belum sempet beli apa-apa karena belum tertarik (ini kan baru hari pertama di Bali...). Tau-tau anak-anak suruh berenti belanja karena mau ke Joger ama ke pantai Kuta. Akhirnya dengan tangan kosong, aku balik ke bus terus duduk terus sepanjang perjalanan nungguin nyampe ke Joger.

Di perjalanan, Beli Somad selalu bilang, Ayo jangan tidur, nanti tak doain mencret. Ya udah deh, akhirnya kita panggil tu beli dengan sebutan: Beli Mencret!!!!!!!!!!! Huahahah (ngakak setan mode on). Terus kalo Beli bo'ong, kita teriak "Mencreeeeet!". Geli-geli deh pokoknya.


Abis itu Beli bilang kalo nanti pas ke Joge ama pantai Kuta, kita gak bisa langsung pake bus, kita harus berenti di jalan gedhe terus naek angkudes ke sana. Yang aneh, di sana angkudesnya gak umum. Jadi bentuk tempat duduknya gak dipinggir-pinggir tapi sama persis kayak mobil biasa (mobil pribadi). Terus ukurannya lebih gedhe..... sedikit... Hehe. Jadi, datu angkudes diisi 24 anak. Kebayang gak tuh gimana sumpeknya. Gila banget deh.

You Might Also Like

0 comment

Subscribe